BAB II
II.I Objek penelitian

Adapun yang menjadi objek penelitian dalam penulisan ini adalah LKM di Jawa dan Luar Jawa meliputi Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

II.II Metode Pengambilan Data

Pengambilan data dilakukan dengan cara :

Data primer : Pengumpulan data primer dari Pengurus LKM terpilih dan nasabah LKM sebagai responden dilakukan melalui diskusi kelompok dan wawancara individual (survey) menggunakan pedoman pertanyaan dan kuesioner.

Data sekunder : Data yang digunakan dalam tulisan ini bersumber dari data sekunder yaitu publikasi Badan Pusat Statistik, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Bank Indonesia, Pegadaian, Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (Pinbuk) serta sumber lainnya yang terkait.

Data yang digunakan berasal dari variabel sepeti jumlah penduduk miskin,tingkat pengangguran.

Data tesebut dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh dari variabel yang di uji.

II.III Model Penelitian

  • Hipotesis

Ho :Tidak ada peningkatan yang signifikan dalam perkembangan LKM dari tahun ke tahun

Ha : ada peningkatan yang signifikan dalam perkembangan LKM dari tahun ke tahun

  • Alat analisis

penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif dipertajam dengan analisis Structure Conduct Performance (SCP). Dalam penulisan ini menggunakan metode analisis deskriptif dimana menggunakan linier regresi dengan rumus

Y = a +b1X1 + b2X2

Keterangan :

Y =  LKM di berbagai daerah

a = Konstanta

b = Koefisien regresi

X1 = jumlah penduduk miskin

X2 = tingkat pengangguran